Kisi-kisi soal ujian merupakan gambaran dari materi yang akan diujikan dalam ujian tulis dan atau online. Kisi-kisi bisa dipergunakan oleh para calon peserta ujian untuk mempersiapkan diri secara lebih terarah, mempelajari dan memahami kisi-kisi UKG 2015 adalah salah satu bentuk persiapan awal dalam menghadapi Uji Kompetensi Guru tahun 2015. Berikut ini gambaran soal dan kisi-kisi mata pelajaran Guru SLB Tuna Rungu yang terdiri dari 1 kompetensi pedagogic dan 1 kompetensi professional yang masing-masing dijabarkan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial.
Jumlah dan Bentuk Butir Soal akan diturunkan berdasarkan indicator essensial dari masing-masing Kompetensi Dasar.
Sebagian dari Kompetensi Dasar dan Indicator Essensial mata pelajaran Guru SLB Tuna Rungu pada kisi-kisi UKG 2015 dapat di lihat dalam table dibawah ini:
Kompetensi Dasar
|
Indikator Essensial
|
1.1 Mengidentifikasi karakteristik
peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi
kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek
fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, moral, dan latar belakang
sosial- budaya
|
1.1.1 Mengidentifikasi
karakteristik anak berkebutuhan khusus.
|
1.2 Melakukan identifikasi dan asesmen
potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi
kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar
|
1.1.2 Menjelaskan
prinsip-prinsip identifikasi anak berkebutuhan khusus.
|
1.3 Melakukan identifikasi dan asesmen
kemampuan awal peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki
potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar
|
1.1.3 Menentukan
prosedur identifikasi anak berkebutuhan khusus.
|
1.4 Melakukan identifikasi dan asesmen
kesulitan peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki
potensi kecerdasan dan bakat istimewa dalam setiap mata pelajaran
|
1.1.4 Menentukan
syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan identifikasi anak
berkebutuhan khusus.
|
2.1 Memilih berbagai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik bagi anak berkebutuhan khusus
termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
|
1.1.5 Mengidentifikasi
karakteristik peserta didik berkaitan dengan aspek mental.
|
Untuk dapat mempelajari secara lengkap kisi-kisi UKG 2015 mata pelajaran Guru SLB Tuna Rungu silahkan download disini atau unduh secara langsung di laman ini: https://sites.google.com/site/latihanukg/home/kisi-kisi-ukg-2015/SLB-TUNA-RUNGU.pdf?attredirects=0&d=1
Demikian kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Guru SLB Tuna Rungu selamat menempuh ujian mudah-mudahan bermanfaat dan sukses menghadapi UKG tahun ini. Terima kasih
Lihat Contoh RPP