UKG yang pelaksanaannya sudah semakin dekat memaksa para rekan guru harus mempersiapkan segalanya sebaik mungkin salah satu persiapan yang dapat dilakukan dalam menghadapi UKG ialah dengan memahami kisi-kisi dan pendalaman materi soal ujian sesuai mata pelajaran yang diampu.
Bagi para rekan guru yang akan mengikuti UKG tahun 2015 dan sedang mencari kisi-kisi mata pelajaran Geomatika SMK berikut kami berikan gambarannya. Terdiri dari 1 kompetensi pedagogic dan 1 kompetensi professional yang masing-masing dijabarkan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial. Jumlah dan bentuk butir Soal diturunkan berdasarkan indicator essensial dari masing-masing Kompetensi Dasar.
Dibawah ini merupakan gambaran sebagian dari Kompetensi Dasar dan Indicator Essensial mata Pelajaran Geomatika SMK pada Kisi-kisi UKG Tahun 2015.
KD
|
Indikator Essensial
|
1.1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. | 1.1.1. Menguraikan prinsip dan tata cara memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya |
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.1.2. Merumuskan cara yang digunakan untuk Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. |
20.1.1. Mendesain berbagai gambar teknik sesuai standar gambar teknik yang berlaku secara nasional dan internasional, meliputi gambar konstruksi geometris, gambar benda 2D dan 3D, dan gambar potongan. | 3.1.3 Menerapkan cara yang digunakan untuk Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. |
20.1.2. Mengoranisasikan berbagai informasi digital dengan berbagai cara meliputi audio, visual, dan gabungan audio-visual. | 1.4.1.Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam menguasai pengetahuan maupun ketrampilan pada pelajaran Konstruksi Baja. |
20.1.3. Menampilkan berbagai informasi digital dengan berbagai cara meliputi audio, visual dan gabungan audio- visual. | 1.4.2. Menerapkan berbagai cara atau metode untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam menguasai pengetahuan maupun ketrampilan pada pelajaran Konstruksi Baja. |
Untuk bisa mempelajari kisi-kisi UKG 2015 Mata pelajaran Geomatika SMK silahkan unduh pada link ini atau kunjungi laman ini:https://sites.google.com/site/latihanukg/home/kisi-kisi-ukg-2015/smk/Geomatika-SMK.pdf?attredirects=0&d=1
Demikian kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Geomatika SMK. Semoga dapat memberi manfaat bagi rekan guru yang akan mengikuti UKG tahun ini. Terima kasih

Lihat Contoh RPP