Untuk membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi diperlukan mutu atau kualitas para anggota yang tergabung dalam profesi tersebut. Mutu atau kualitas diperoleh dari upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan pengendalian yang dilaksanakan secara terus menerus dan tersistem. Upaya pengendalian dilakukan melalui pengujian dan pengukuran. Profesi guru akan bermutu jika secara terus-menerus dilakukan pengujian dan pengukuran terhadap kompetensi guru melalui uji kompetensi guru.
Uji Kompetensi Guru (UKG) dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogic dan kompetensi profesional sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. berikut adalah gambaran soal dan kisi-kis UKG 2015 mata pelajaran Perhotelan SMK yang terdiri dari 1 kompetensi pedagogic dan kompetensi professional yang masing-masing dijabarkan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial.
Jumlah dan Bentuk Butir Soal yang diturunkan berdasarkan indicator essensial dari masing-masing Kompetensi Dasar.
Dibawah ini adalah sebagian dari Kompetensi Dasar dan Indicator Essensial mata pelajaran Perhotelan SMK pada Kisi-kisi UKG Tahun 2015
Kompetensi Dasar
|
Indikator Essensial
|
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. | Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran |
Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Menginterpolasikan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran |
Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Menyesuaikan karakteristik peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran |
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal |
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu |
Menggali potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal |
Untuk mendapatkan Kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Perhotelan SMK silahkan klik disini atau unduh secara langsung disini: https://sites.google.com/site/latihanukg/home/kisi-kisi-ukg-2015/smk/perhotelan.pdf?attredirects=0&d=1
Demikian kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Perhotelan SMK. Semoga bermanfaat dan sukses menghadapi UKG tahun ini. Terima kasih

Lihat Contoh RPP