UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.
Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan substansi bidang studi (subject matter) berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikat pendidik dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas. Oleh karena itu instrumen tes untuk guru SD, SMP, SMA dan SMK dibedakan sesuai dengan jenjang pendidikan tempat guru tersebut bertugas.
Guna menambah kesiapan para rekan guru dalam menghadapi UKG nanti. Berikut kami berikan gambaran soal dan kisi-kisi UKG 2015 mata pelajaran Penjaskes SMA yang terdiri dari kompetensi pedagogic dan kompetensi professional yang masing-masing dijabarkan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial.
Jumlah dan Bentuk Butir Soal yang diturunkan berdasarkan indicator essensial dari masing-masing Kompetensi Dasar. atau Bisa juga mengunjungi
Dibawah ini sebagian dari Kompetensi dasar dan Indikator essensial mata pelajaran Penjaskes SMA pada kisi-kisi UKG 2015.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Essensial
|
1.1
Memahami karakteristik peserta didik
yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional,
moral, spiritual, dan latar belakang sosial-
budaya.
|
1.1.1 Menjelaskan karakteristik peserta
didik sekolah menengah atas yang berkaitan dengan
aspek fisik.
|
1.2
Mengidentifikasi potensi peserta
didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
1.1.2 Menjelaskan karakteristik peserta
didik sekolah menengah atas yang berkaitan dengan aspek intelektual.
|
1.3
Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta
didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
1.1.3 Menjelaskan karakteristik peserta
didik sekolah menengah atas yang berkaitan dengan
aspek emosional.
|
1.4
Mengidentifikasi kesulitan belajar
peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
1.1.4 Menjelaskan karakteristik peserta
didik sekolah menengah atas yang berkaitan dengan aspek moral.
|
1.5
Mengidentifikasi potensi peserta
didik
dalam mata pelajaran yang diampu
|
1.1.5 Menjelaskan karakteristik peserta
didik sekolah menengah atas yang berkaitan dengan
aspek latar belakang sosial budaya.
|
Demikian kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Penjaskes SMA mudah-mudahan bermanfaat dan sukses menghadapi UKG tahun ini. Terima kasih.
Lihat Contoh RPP