UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.
Menjelang UKG 2015 tentunya para rekan guru harus melakukan berbagai persiapan dan melakukan pendalaman materi soal dan kisi-kisi UKG 2015. untuk membantu para guru mempersiapkan materi soal UKG, Berikut kami berikan gambaran soal dan kisi-kisi Uji Kompetensi Guru 2015 mata pelajaran Perbankan Syariah SMK yang terdiri dari 1 kompetensi pedagogic dan 1 kompetensi professional yang masing-masing dijabarkan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial.
Jumlah dan Bentuk Butir Soal yang diturunkan berdasarkan indicator essensial dari masing-masing Kompetensi Dasar
Isi table Dibawah ini sebagian dari Kompetensi Dasar dan Indicator Essensial mata pelajaran Perbankan Syariah SMK pada Kisi-kisi UKG Tahun 2015
KD
|
Indikator Essensial
|
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran |
Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Menginterpolasikan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran |
Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Menyesuaikan karakteristik peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran |
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal |
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Menggali potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan atau mata pelajaran yang diampu untuk pencapaian pembelajaran yang maksimal |
Untuk mendapatkan Kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Perbankan Syariah SMK secara lengkap dapat di download pada link ini atau unduh secara langsung dilaman ini: https://sites.google.com/site/latihanukg/home/kisi-kisi-ukg-2015/smk/perbankan-syariah.pdf?attredirects=0&d=1.
Demikian kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Perbankan Syariah SMK. Mudah-mudahan bermanfaat dan sukses menghadapi UKG tahun ini. Terima kasih

Lihat Contoh RPP