UKG tahun 2015 akan diikuti oleh semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS dengan jumlah jenis soal yang akan diujikan adalah 192 mata pelajaran/guru kelas/paket keahlian/BK. Perolehan hasil UKG pada masing-masing guru menjadi bagian dari penilaian kinerja guru, oleh karena itu sesuai dengan prinsip profesional guru akan mengikuti UKG pada mata pelajaran sesuai dengan sertifikat pendidik dan jenjang pendidikan yang diampunya. Disamping itu, hasil UKG juga digunakan sebagai bahan pertimbangan kebijakan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru serta pemberian penghargaan dan apresiasi kepada guru.
Uji Kompetensi Guru (UKG) dilaksanakan untuk menjaga mutu kualitas guru, Jadi seberapa besar kemampuan guru tentang bidang study yang dijalani akan kelihatan setelah mengikuti Uji Kompetensi Guru. Oleh karena itu, Pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi soal dari kisi-kisi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fisika-IPA SMA, Berikut gambarannya terdiri dari 4 kompetensi pedagogic dan 1 kompetensi professional yang masing-masing dijabarkan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial.
Sebagian dari Kompetensi Dasar dan Indicator Essensial Mata Pelajaran Fisika-IPA SMA pada kisi-kisi UKG 2015 bisa dilihat pada tabel dibawah ini.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Essensial
|
|
1.1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar
belakang sosial- budaya
|
1.1.1. Menjelaskan tahapan perkembangan
perilaku dan pribadipeserta
didik
|
|
1.2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran
|
1.1.2. Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip perkembanganperilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan
|
|
1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu
|
1.1.3. Membedakan berbagai jenis kecerdasan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya
|
|
1.4 Mengidentifi kasi
kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
|
1.1.4. Membedakan berbagai aspek
perkembangan peserta didik berdasarkan
ciri-cirnya (EH)
|
|
2.1 Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
terkait dengan mata pelajaran yang diampu
|
1.1.5. Menjelaskan tahapan perkembangan
kemampuan intelektual
peserta didik
|
Demikian, Mudah-mudahan bermanfaat dan sukses menghadapi UKG tahun ini. Terima Kasih
Lihat Contoh RPP