Kita belajar tujuannya untuk mendapatkan ilmu. Melalui ilmu kita akan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan baru yang bermanfaat untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Pengetahuan dan keterampilan baru akan selalu kita peroleh selama kita mau belajar, baik yang diselenggarakan di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.Untuk mengukur tingkat keberhasilan kita dalam menyerap ilmu maka ada tahap evaluasi yang biasanya diselenggarakan oleh Pemerintah yaitu berupa UKG. Salah satu bentuk persiapan awal menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) adalah dengan mempelajari materi-materi atau kisi-kisi yang akan di ujikan pada Uji Kompetensi Guru 2015 sesuai dengan mata pelajaran yang diampun/pilihnya sebagai mata pelajaran yang di sertifikasi. Berikut gambaran Soal dan kisi-kisi UKG 2015 mata pelajaran Teknik Produksi Hasil Hutan SMK yang terdiri dari 31 kompetensi pedagogic dan 1 kompetensi professional yang masing-masing uraikan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial.
Jumlah dan Bentuk Butir Soal di turunkan berdasarkan indicator essensial dari masing-masing Kompetensi Dasar. Download kisi-kisi UKG mata pelajaran penjaskes disini.
Sebagian dari Kompetensi Dasar dan Indicator Essensial mata pelajaran Teknik Produksi Hasil Hutan SMK pada Kisi-kisi UKG Tahun 2015 bisa dilihat pada tabel dibawah ini.
Kompetensi Dasar | Indikator Esensial |
1.1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-‐emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-‐budaya |
1.1.1. Mengkategorikan karakteristik peserta didik dari aspek fisik |
1.4. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | 1.1.2. Mengkategorikan karakteristik peserta didik dari aspek intelektual |
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu | 1.1.3. Mengkategorikan karakteristik peserta didik dari aspek sosial emosional |
3.3. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu | 1.4.1. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik terhadap penguasaan pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran yang diampu |
3.4 . Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | 2.2.1. Menguraikan pendekatan pembelajaran ilmiah/saintifik, strategi , model pembelajaran (inquiry/discoveryl), metode, dan teknik pembelajaran berdasarkan sifat karakteristik siswa, teori belajar dan prinsip-‐prinsip pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. |
Demikian kisi-kisi UKG 2015 mata pelajaranTeknik Produksi Hasil Hutan SMK yang dapat kami sampaikan semoga dapat memberi manfaat bagi rekan guru yang akan mengikuti UKG tahun 2015.Terima kasih

Lihat Contoh RPP