UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.
Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan substansi bidang studi (subject matter) berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikat pendidik dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas. Oleh karena itu instrumen tes untuk guru SD, SMP, SMA dan SMK dibedakan sesuai dengan jenjang pendidikan tempat guru tersebut bertugas.
Guna menambah kesiapan para rekan guru dalam menghadapi UKG nanti. Berikut kami berikan gambaran soal dan kisi-kisi UKG 2015 mata pelajaran Teknik Jaringan Akses SMK yang terdiri dari 1 kompetensi pedagogic dan 1 kompetensi professional yang masing-masing dijabarkan menjadi standar kompetensi terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi guru mata pelajaran, Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Essensial.
Jumlah dan Bentuk Butir Soal yang diturunkan berdasarkan indicator essensial dari masing-masing Kompetensi Dasar.
Dibawah ini sebagian dari Kompetensi dasar dan Indikator essensial mata pelajaran Teknik Jaringan Akses SMK pada kisi-kisi UKG 2015.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Essensial
|
1.1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya |
1.1.2. Mengkategorikan karakteristik peserta didik dari aspek intelektual |
1.2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu |
1.1.6. Mengkategorikan karakteristik peserta didik dari aspek latar belakang sosial budaya |
1.3. Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu |
1.2.1. Menguraikan potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu dalam ranah pengetahuan dan keterampilan |
1.4. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu |
1.3.2. Mengkategorikan bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu dalam ranah pengetahuan dan keterampilan |
2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran |
1.4.1. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik terhadap penguasaan pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran yang diampu. |
Demikian kisi-kisi UKG 2015 Mata Pelajaran Teknik Jaringan Akses SMK mudah-mudahan bermanfaat dan sukses menghadapi UKG tahun ini. Terima kasih

Lihat Contoh RPP