400 Guru PAUD di Riau Ikuti Pelatihan Uji Kompetensi Lanjutan

Sebanyak 400 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti pelatihan uji kompetensi tingkat lanjutan, 21-25 Maret mendatang. Melalui pelatihan tersebut para peserta diharapkan nantinya akan mampu berinteraksi melalui berbagai pendekatan maupun aktifitas yang ada hubungan langsung dengan aspek kognitif, affektif dan psikomotor anak.

"Lembaga PAUD adalah awal untuk meletakkan dan memberikan pendidikan kepada anak. Dalam hal ini, guru di lembaga PAUD juga mesti memiliki keterampilan dan kesabaran untuk melatih kemampuan anak. Apalagi mengajar anak PAUD sangat jauh berbeda dengan mengajar anak di tingkat pendidikan SD, SMP maupun SMA," kata Kadisdikbud Riau, Kamsol, ketika membuka pelatihan tersebut di Furaya Pekanbaru.

Kamsol menjelaskan, dengan adanya upaya interaksi itulah, maka guru bisa membentuk karakter anak sehingga pertumbuhan anak dapat berkembang dengan baik.

Kamsol melanjutkan bahwa selain untuk mengasah keterampilan guru PAUD dalam membentuk karakter anak didik, pelatihan uji kompetensi lanjutan itu juga diadakan untuk mengatasi sejumlah kendala dan permasalahan mengenai pembinaan, pelayanan pengasuhan pendidik anak usia dini di Provinsi Riau. Kendala-kendala tersebut, sambungnya, yakni tumbuh pesatnya lembaga PAUD yang tidak didukung oleh standar penyelenggaraan pendidik anak usia dini, dari aspek SDM ataupun sarana dan prasarananya.

Kendala selanjutnya adalah belum meratanya lembaga PAUD disetiap wilayah, baik itu di kabupaten/kota maupun di setiap kecamatan. Lalu latar belakang tenaga pendidik PAUD yang juga belum memenuhi standar nasional dan mayoritasnya hanyalah lulusan SMA sederajat.

"Kendala tersebut harus diatasi sedini mungkin. Dari pelatihan uji kompetensi ini, kami ingin 400 guru PAUD se kabupaten/kota di Riau bisa menerapkan ilmu yang didapatkannya kepada anak didiknya masing-masing. Menambah pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki sehingga standarisasi sebagai seorang tenaga pendidik bisa terpenuhi," tutupnya. Sumber

Demikianlah informasi mengenai Pelatihan Uji Kompetensi Lanjutan bagi 400 Guru PAUD yang berada di Riau. Semoga bermanfaat.

PREMIUM ADVERTISEMENT


Lihat Contoh RPP

wdcfawqafwef