Setelah Ikut Pelatihan Pasca-UKG, Nilai Guru Harus Naik

Setelah mengikuti pelatihan pasca-Uji Kompetensi Guru (UKG) 2016 ini, guru-guru diharapkan dapat memperbaiki perolehan nilainya. Para guru tersebut ditarget setidaknya bisa meraih nilai 65 dalam UKG berikutnya.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Purwadi Sutanto, dalam Seminar Internasional yang diadakan di Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (2/3/2016). Seminar tersebut diadakan FKIP bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS dan Seameo Seamolec dengan topik Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Pasca-UKG melalui Implementasi Digital Class dan Lesson Study .

Seperti diketahui bahwa lebih dari 90 persen guru di Indonesia telah mengikuti UKG 2015 lalu. Dengan perolehan nilai rata rata untuk Pedagogik 52,37 dan nilai rata-ratauntuk Profesional Guru mencapai 58,55.

Purwadi menjelaskan, Pasca-UKG, Direktorat Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kemendidikan Kemendikbud akan menggelar pelatihan pasca-UKG pada bulan April mendatang. Pelatihan tersebut, lanjut dia, akan terus diberikan kepada para guru, sampai mereka bisa meningkatkan kompetensi mereka.

Jika setelah beberapa kali diikutkan pelatihan tapi guru belum berhasil meningkatkan kompetensinya, maka tentu ada konsekuensi, yakni dengan pemberian sanksi atau hukuman.

“Ya kalo belum mencapai 65 kita kasih kesempatan lagi, tapi tidak boleh yang namanya dikasih kesempatan belajar lagi, gak lulus lagi, belajar lagi gak lulus lagi itu terus kita diamkan, harus ada punishment, harus itu,” ujarnya dalam seminar itu, Rabu.

Di sisi lain, selain pelatihan pasca-UKG, juga akan diadakan pendampingan implementasi Kurikulum 2013. Maret ini, akan dimulai dengan seleksi guru sebagai pelatih dan instruktur Kurikulum 2013 tingkat nasional dan provinsi, dilanjutkan April mendatang untuk tingkat kabupaten atau kota. Sumber

PREMIUM ADVERTISEMENT


Lihat Contoh RPP

wdcfawqafwef